DESTINASI WISATA BALI BARAT

DESTINASI WISATA BALI BARAT

Bagian Bali Barat meliputi Kabupaten Jembrana ,Tabanan dan Badung. Jalak Bali merupakan satwa endemik Bali yang menjadi maskot Taman Nasional Bali Barat.Taman Nasional Bali Barat terletak di Kabupaten Jembrana , Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Pulau Bali bagian Barat yang memiliki luas kurang lebih 77.000 hektar. Dengan cakupan yang sangat luas, Taman Nasional Bali Barat terbagi diberbagai lokasi seperti di Semenanjung Prapat Agung, Pulau Menjangan, Banyuwedang, Teluk Terima, Tegal Bunder, Klatakan, dan Cekik. 

  • PULAU MENJANGAN

Tidak hanya Taman Nasional Bali Barat saja , di Bali Barat juga terdapat pulau kecil yang sangat indah yaitu Pulau Menjangan. Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.Pulau Menjangan sebuah pulau yang mempunyai keindahan alam bawah laut yang paling dicari oleh para pecinta diving. Pada kawasan wisata ini, anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dengan mudah. Penting ntuk anda ketahui, Menjangan adalah salah satu pulau yang tidak berpenghuni oleh manusia. Di Pulau Menjangan anda dapat melakukan banyak aktivitas yaitu snorkeling , diving , menikmati sunrise , menyewa perahu untuk berkeliling pulau menjangan.

Harga Tiket Wisata Pulau Menjangan

Tiket masuk  ini cukup murah. Harga tiket ini belum termasuk biaya asuransi dan biaya-biaya lainnya, termasuk divingsnorkeling, dll.

Ada juga biaya paket wisata yang ditetapkan oleh pihak pengelola wisata. Biaya paket wisata yang berlaku untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara tentu saja berbeda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar harga tiket masuk, biaya asuransi, dan biaya paket wisata terupdate berikut ini:

RetribusiTarif
Tiket Masuk Wisatawan DomestikRp15.000,00 per orang
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp200.000,00 per orang
Biaya AsuransiRp4.000,00 per orang
Paket WisataRp.750.000,00

Sekedar info, tarif tiket masuk dapat berubah kapan saja. Tarif tersebut juga bisa saja mengalami kenaikan saat kondisi tertentu. Biasanya akan otomatis naik saat puncak musim liburan dan juga libur akhir pekan.

  • PANTAI KARANG SEWU

Pantai Karang Sewu di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, salah satu tempat wisata di Bali Barat.

Salah satu spot wisata di Bali barat ini berlokasi di Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Selain panorama pantai, dikutip dari pengunjung Pantai Karang Sewu juga bisa menjajal aktivitas wisata tur mangrove.

Jika bersantai di pantai ini sambil menghadap ke Pulau Jawa saat cuaca cerah, pengunjung juga bisa melihat pegunungan Ijen, Raung, Baluran, dan lainnya.

  • PANTAI SOKA

Pantai Soka di Desa Antap, Kabupaten Tabanan, salah satu tempat wisata di Bali Barat.

Pantai Soka memiliki pasir hitam yang bersih dan tampak indah dengan bebatuan di tepi-tepi pantainya.

Wisatawan yang datang bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dengan perbukitan dan persawahan di sekeliingnya.

Akses menuju Pantai Soka relatif mudah. Sebab, pantai yang berlokasi di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg ini berada di pinggir jalan raya utama Denpasar-Gilimanuk.

  • PANTAI MEDEWI

Pantai Madewi di Jembrana, salah satu tempat wisata di Bali Barat.

Destinasi wisata Bali barat lainnya yang dapat dikunjungi adalah Pantai Madewi, yang berlokasi di Desa Madewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana.

Meski relatif tenang karena terletak di pedesaan dan jauh dari pusat wisata Bali, akses ke Pantai Madewi relatif mudah, karena hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Gilimanuk-Denpasar.

Selain itu, menurut situs Pemerintahan Kabupaten Jembrana, pantai ini juga cocok bagi para peselancar, baik yang sudah mahir maupun pemula.

  • PANTAI SOAN GALUH

Pantai Soan Galuh, salah satu wisata pantai di Tabanan, salah satu tempat wisata di Bali Barat.

Jika mencari pantai dengan pemandangan eksotis dan cantik untuk dijadikan spot berfoto, maka jangan lewatkan mampir ke Pantai Soan Galuh. Letaknya di Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Dikutip dari situs Wonderful Indonesia yang dikelola oleh kemenparekraf, kamu yang ingin berfoto dapat berpose di batu yang ada di Pantai Soan Galuh.

Karena terowongan menghadap ke arah laut, hasil fotomu akan sangat cantik jika kamu berdiri tepat di tengah terowongan.

Selain itu, perpaduan pasir pantai hitam dan batu-batu di bibir pantainya juga tak kalah eksotis.

KULINER KHAS BALI BARAT

 Bali Barat merupakan destinasi favorit para wisatawan yang suka dengan kegiatan olahraga seperti diving, snorkeling maupun surfing. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengunjungi tempat wisata seperti Pulau Menjangan, Pantai Medewi dan masih banyak lagi pantai di Bali lainnya.

Namun pernahkah kamu mencoba kuliner yang ada di Bali Barat? 

BERIKUT ADALAH 5 KULINER DI BALI BARAT YANG HARUS KALIAN COBA !

1. BABI GULING SELINGSING

Jika bingung mau mencari babi guling di sore hari, kamu bisa mampir ke Babi Guling Selingsing yang berlokasi di Desa Cepaka, Tabanan, Bali Barat. Babi Guling Selingsing buka dari sore hingga tengah malam dan ini adalah salah satu babi guling favorit di daerah Tabanan dan paling dicari. Satu porsi babi guling terdiri dari daging babi, kulit babi goreng, jeroan, sayur dan lawar.

Kuliner di Bali Barat Babi Guling Selingsing sedikit berbeda dengan babi guling lainnya yaitu satu porsi babi guling ditaburi dengan bumbu di nasi lengkap dengan bumbu kelapa goreng. Satu porsi babi guling, dijual dengan harga yang ramah dikantong. Bumbu dari rempah-rempah yang membuat aroma yang sangat lezat. Selain itu kamu juga bisa melihat pembuatannya langsung di tempat.

2. JAJE BENDU

Jaje Bendu adalah salah satu kuliner Bali Barat, jajanan tradisional dari Bali Barat yang berasal dari Jembrana, Bali Barat. Sebenarnya Jaje Bendu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional atau biasanya juga digunakan sebagai perlengkapan upacara agama umat Hindu.

Jaje Bendu merupakan jajan kuliner Bali Barat yang sangat serderhana, dibuat dari tepung ketan yang dicampur parutan kelapa dan gula aren yang dibungkus dengan daun pisang. Walaupun sederhana, rasanya tidak mengecewakan. Jaje Bendu sangat cocok disajikan di sore hari dengan kopi maupun teh.

3. WARUNG NASI BELAYU

Jika kamu memiliki rencana melihat keindahan alam Jatiluwih, jangan lupa untuk mampir di Warung Nasi Belayu. Warung ini sangat cocok bagi para pecinta makanan pedas karena warung ini menyajikan ayam sambal bejek.

Sambal bejek sendiri adalah kuliner Bali Barat yang terbuat dari campuran suwiran ayam, cabai, bawang merah, garam, minyak kelapa, jeruk nipis, dan irisan bunga kecombrang yang memberikan rasa yang unik.

Satu porsi Ayam Sambal Bejek disajikan dengan tum ayam atau ayam yang dikukus dalam daun pisang, sup sayuran hijau dan tauge dan tentunya semangkuk Sambal Bejek Belayu. Terletak di Jalan Jurusan Marga-Denpasar, Tabanan.

4. AYAM BETUTU MEN TEMPEH

Ayam betutu asli sebenarnya berasal dari Bali Barat, meski makanan ini mudah ditemukan di seluruh penjuru Bali namun di sinilah tempat asalnya. Ayam Betutu yang sangat legendaris berada di Jembrana, Bali Barat yaitu Ayam Betutu Men Tempeh. Letaknya tidak terlalu jauh dari pelabuhan Gilimanuk. Di sini kamu akan menjumpai beberapa restoran yang sejenis.

Kamu bisa pesan ayam betutu biasa atau goreng. Satu porsi ayam betutu dilengkapi dengan nasi, kacang goreng, kangkung plecing dan tak lupa sambal matah. Bumbu Balinya sangat meresap dan ayam betutu ini cukup pedas.

5. LONTONG SERAPAH

Kuliner di Bali Barat ini selalu ada di momen hari raya Galungan dan Kuningan di Bali. Ini merupakan kuliner Bali Barat dari Jembrana, yang unik dan wajib kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar lontong yang berbentuk segitiga cukup besar atau yang lonjong seperti pepes dan diberi kuah kental yang berasal dari telengis.

Telengis merupakan hasil sampingan dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional di Bali kemudian direbus dengan bumbu base genep khas Bali. Satu porsi lontong serapah terdiri dari lontong yang sudah dipotong kecil-kecil, diberi sayuran, ditaburi bawang goreng dan juga diisi dengan cabai utuh kemudian disiram dengan kuah kental.

https://kembaliburan.com

Comments are closed for this post.